14 Des 2013

Hujan Gol di Etihad, City Tekuk Arsenal 6-3

Reuters/Phil Noble
Manchester - Pertandingan Manchester City versus Arsenal menghasilkan total sembilan gol. City, yang berstatus tuan rumah, akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 6-3.

Pada pertandingan di Etihad Stadium, Sabtu (14/12/2013) malam WIB, City unggul 2-1 hingga turun minum. Dua gol mereka dicetak Sergio Aguero dan Alvaro Negredo, sementara Arsenal sempat membalas melalui Theo Walcott.

Babak kedua berjalan lebih seru dan enam gol tambahan tercipta. Empat di antaranya dibuat oleh City, yakni lewat Fernandinho (dua gol), David Silva, dan Yaya Toure. Arsenal cuma menambah dua gol melalui Walcott dan Per Mertesacker.

Berkat kemenangan ini, The Citizens naik ke urutan kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 32 poin dari 16 pertandingan. Arsenal masih di posisi teratas dengan 35 poin.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tuan rumah, City langsung mengambil inisiatif serangan sejak kick-off. Mereka terus menggempur Arsenal pada lima menit pertama, tapi tak menciptakan peluang berarti.

City baru bisa menjebol gawang Arsenal pada menit ke-14. Diawali tendangan sudut Samir Nasri, Martin Demichelis menyundul bola dan si kulit bundar mengarah ke Aguero yang berdiri di tiang jauh. Tanpa pikir panjang, Aguero langsung menyambarnya dengan tendangan voli mematikan.

Negredo menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya pada menit ke-21. Umpan terobosan Vincent Kompany membuatnya punya ruang tembak di kotak penalti, tapi penyelesaiannya masih melenceng.

Percobaan Nasri tiga menit kemudian juga tak menghasilkan gol kedua untuk tim tuan rumah. Tembakan mendatarnya dari luar kotak penalti tak mengarah ke gawang.

Arsenal bisa menyamakan kedudukan saat laga berusia 31 menit. Jack Wilshere berhasil mencuri bola dari Toure di tengah lapangan, kemudian mengoperkannya kepada Mesut Oezil yang bergerak di sisi kiri. Oezil lantas memberikan bola kepada Walcott, yang menuntaskannya dengan sebuah tembakan yang menggetarkan gawang City.

Skor berubah lagi pada menit ke-39. City kembali unggul setelah Negredo menjebol gawang Wojciech Szczesny. Pablo Zabaleta yang naik membantu serangan memberikan umpan matang kepada Negredo. Sekali sentuh, Negredo membuat Etihad Stadium bergelora lagi.

Di injury time babak pertama, City berpeluang menambah gol. Akan tetapi, sundulan Demichelis menyambut sepak pojok Nasri masih melambung.

City mencetak gol ketiga dan unggul 3-1 pada menit ke-50. Berawal dari kesalahan Oezil dalam mengoper bola, Fernandinho sukses mencurinya dan kemudian melepaskan tembakan terukur ke tiang jauh. Bola masuk gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny.

Berselang enam menit, Olivier Giroud nyaris mencetak gol untuk Arsenal. Dia sukses menjangkau umpan silang Bacary Sagna dengan kepalanya, tapi sundulan striker asal Prancis itu masih melenceng tipis.

Arsenal bisa memperkecil ketertinggalan ketika pertandingan memasuki menit ke-63. Usai menerima umpan terobosan dari Aaron Ramsey, Walcott melepaskan tembakan melengkung ke arah pojok atas gawang City. City 3, Arsenal 2.

Tapi, City tak butuh waktu lama untuk bereaksi. Pada menit ke-66, mereka bikin gol lagi dan unggul 4-2. Kali ini, Silva dengan mudah menyontek umpan silang Jesus Navas dari sisi kanan.

Wilshere memaksa Costel Pantilimon membuat penyelamatan bagus beberapa saat kemudian. Dia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan Pantilimon menjawabnya dengan terbang menepis bola.

Navas membahayakan gawang Arsenal lewat aksinya. Setelah menerima umpan terobosan Nasri, dia mampu melewati Szczesny. Tapi, karena ruang tembaknya terlalu sempit, dia tak bisa mengarahkan bola ke dalam gawang.

Toure menjajal peruntungannya pada menit ke-77 lewat tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih mengarah ke samping gawang.

Fernandinho berpeluang mencetak gol kelima City pada menit ke-85. Tapi, tendangan kerasnya bisa dimentahkan Szczesny.

Gelandang asal Brasil itu akhirnya benar-benar membuat gol kelima timnya tiga menit kemudian. Membawa bola dari tengah lapangan, dia kemudian memberikan bola kepada Nasri. Nasri lantas mengembalikan bola kepada Fernandinho. Setelah mengalahkan Mertesacker, dia dengan tenang menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang.

Beberapa saat kemudian, Arsenal sempat menjebol gawang City lewat sundulan Nicklas Bendtner. Tapi, gol ini dianulir karena Bendtner lebih dulu terjebak offside.

Saat injury time memasuki menit keempat, Arsenal mencetak gol ketiganya. Umpan silang Sagna dari sisi kanan ditanduk Mertesacker. Pantilimon tak bisa mencegah gawangnya bobol.

City mendapatkan hadiah penalti ketika laga tinggal tersisa beberapa detik lagi. Sebabnya adalah pelanggaran Szczesny terhadap James Milner. Toure maju sebagai algojo dan menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Laga berakhir dengan skor 6-3 untuk kemenangan City.

Susunan Pemain
Manchester City: Pantilimon, Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy, Fernandinho, Yaya Toure, Nasri (Javi Garcia 90'), Silva (Milner 71'), Aguero (Navas 49'), Negredo

Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny (Vermaelen 42'), Monreal, Flamini (Gnabry 71'), Wilshere, Ramsey, Ozil, Walcott, Giroud (Bendtner 76')
(mfi/nds)

0 komentar:

Posting Komentar